Buka jam 08.00 s/d jam 16.00 , , Minggu buka
INFO : Promo Spesial Ulang Tahun Sabda Alam Power beli 2 gratis 1 khusus Untuk Produk Green Tea Plus Jati Cina DISKON : Khusus bulan ini jahe tarikk hanya Rp 25.000 PRODUK BARU : Gurah wanita sekarang hadir dengan versi platinum
Beranda » Artikel Terbaru » Khasiat Kulit Manggis yang Mulai Eksis

Khasiat Kulit Manggis yang Mulai Eksis

Diposting pada 1 Agustus 2019 oleh admin | Dilihat: 122 kali

Buah manggis memiliki rasa yang segar dan manis. Tapi tentu saja, bukan berarti kulit manggis juga memiliki rasa yang sama. Pelindung buah berwarna putih ini memiliki rasa yang pahit. Selain itu, kulit manggis juga cukup keras dan tebal. Di balik hal-hal itu, khasiat kulit manggis ternyata luar biasa.

Beberapa waktu belakangan ini, dunia pengobatan dihebohkan dengan beberapa hasil penelitian. Salah satunya adalah penelitian tentang khasiat kulit manggis. Penelitian pada kulit manggis ini menghasilkan temuan yang cukup revolusioner. Kulit manggis yang selama ini dianggap sebagai limbah, ternyata memiliki beberapa kandungan yang manfaatnya bisa membantu penyembuhan dari berbagai macam penyakit. Mengetahui hal tersebut, beberapa produsen obat mulai bergerak memproduksi obat dari kulit manggis.

Produsen obat tentu saja tidak mau kehilangan momen. Hasil penelitian terhadap kulit buah manggis yang manis, menjadi bisnis yang juga manis. Obat-obatan mengandung ekstrak kulit manggis saat ini lebih mudah ditemui daripada beberapa waktu yang lalu. Mengonsumsi ekstrak kulit manggis tentu saja lebih simple daripada Anda harus mengolah kulit manggis sendiri. Sehingga sangat wajar jika berbagai merek obat dengan ekstrak manggis ini cukup laris di pasaran.

Lalu, sebenarnya, apa saja kandungan yang ada pada kulit manggis?

Kandungan Kulit Manggis

Kulit manggis yang rasanya pahit itu, ternyata menjadi bagian paling bermanfaat dari buah manggis. Di dalamnya terdapat kandungan senyawa baik, yaitu:

1. Xamthone
Zat atau senyawa xamthone adalah komponen utama sekaligus paling terkenal yang ada di dalam kulit buah manggis. Senyawa xamthone ini merupakan senyawa polifenol temuan baru yang strukturnya mirip dengan senyawa polifenol sebelumnya, bioflavanoids.

Temuan baru ini juga merupakan senyawa langka yang hanya pada dua jenis tanaman. Ada 200 jenis dari senyawa xamthone ini. Dan sekitar 40 jenisnya ditemukan ada di dalam kulit manggis. Xamthone berdasarkan penelitian dipercaya memiliki sifat antikanker, antiperadangan, antidiabetes, antifungi, antibakteri, antiplasmodial dan antioksidan.

Selain xamthone, kulit manggis juga memiliki senyawa sterol, catechin, polisakarida dan proanthocyanidins. Senyawa-senyawa tersebut baik untuk menjaga kestabilan fungsi organ-organ tubuh.

2. Vitamin C
Buah manggis memiliki kandungan vitamin C. Pun dengan kulit manggis. Dipercaya demikian, sehingga kulit manggis dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

3. Vitamin B Kompleks
Selan vitamin C, buah manggis juga mengandung vitamin B kompleks. Jenis vitamin B yang terkandung dalam buah ini adalah niacin, folat, dan thiamin. Zat ini penting untuk memetabolisme zat-zat seperti protein, lemak dan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Kulit manggis juga mengandung zat warna kuning dari dua metabolit, yaitu B-magostin dan magostin. Dan metabolit baru yang disebut a-magostin.

Kandungan-kandungan senyawa itulah yang berperan besar dalam membantu Anda menyembuhkan berbagai penyakit, menjaga kesehatan dan hal-hal baik lainnya.

Khasiat Kulit Manggis

Hal-hal baik yang terjadi berkat kandungan ajaib dalam kulit manggis menjadi khasiat tersendiri. Apa sajakah khasiat kulit manggis bagi kesehatan?

1. Kulit Manggis untuk Kolesterol
Anda memiliki kolesterol? Kadar kolesterol dalam darah tentu akan menggangu metabolisme tubuh secara keseluruhan. Jika dibiarkan dan tidak segera dicarikan solusi, kolesterol dapat menyebabkan penyakit stroke.

Jika bosan dengan berbagai pengobatan yang jenisnya itu-itu saja, Anda bisa mulai memanfaatkan khasiat dari kulit manggis. Caranya? Ambil bagian dalam dari kulit manggis, tambahkan 1/3 gelas air hangat lalu haluskan. Setelah halus, remas-remas campuran tersebut. Saring kemudian Anda bisa menambahkan madu atau gula aren.

Setelah semua bahan dicampur, biarkan hingga air remasan tersebut membeku. Setelah itu, ramuan dari kulit manggis yang sudah membeku bisa dikonsumsi dengan rutin, 1 hingga 3 kali dalam sehari.

2. Khasiat Kulit Manggis untuk Disentri
Disentri atau buang air terlalu sering bisa mengakibatkan dehidrasi. Untuk itu, jangan anggap remeh. Segera obati. Salah satu obat untuk disentri adalah rebusan kulit manggis. Kulit manggis mengandung zat yang dapat menghentikan dan membunuh bakteri yang menyebabkan disentri.

Caranya? Cukup mudah. Anda hanya perlu merebus kulit buah manggis yang telah dicuci dengan 4 gelas air. Biarkan hingga air tersisa hanya setengahnya. Angkat kemudian tiriskan. Setelah dingin, Anda bisa menyaringnya, lalu minum sebanyak 2 kali dalam satu hari. Minum secara rutin hingga tidak lagi disentri.

3. Kulit Manggis Dapat Mencegah Penyakit Jantung
Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit paling mematikan. Akibatnya bisa fatal jika seseorang sudah terkena penyakit ini. Penyakit jantung rata-rata disebabkan oleh aliran darah menuju jantung yang tersumbat. Jika pasokan darah ke jantung terganggu, akan terganggu juga kinerja dari jantung.

Kulit manggis juga dinilai memiliki kandungan mineral dari jenis tembaga, magnesium dan mangan, juga mengandung kalium. Senyawa kalium inilah yang dipercaya mampu membantu mengontrol detak jantung serta tekanan pada darah. Senyawa tersebut merupakan komponen penting yang dapat membantu tubuh terhindari dari stroke dan jantung koroner.

4. Kulit Manggis untuk Menyembuhkan Diabetes
Diabetes adalah penyakit kelebihan kadar gula di dalam darah. Singkatnya seperti itu. kadar gula yang tinggi pada darah akan berpengaruh pada metabolisme tubuh. Tubuh akan mudah sekali lelah, dan selalu terasa tidak segar. Untuk membantu mengobatinya, Anda bisa mengonsumsi rebusan kulit manggis. Caranya juga cukup mudah. Ambil bagian dalam dari dua buah kulit manggis.

Remas-remas kulit bagian dalam tersebut dengan 1/3 gelas air hangat. Kemudian saring dan minum airnya. Anda bisa menambahkan madu atau gula untuk menghilangkan getir. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin sebanyak 1 hingga 2 kali dalam satu hari.

5. Menyembuhkana Sariawan
Meski tergolong penyakit yang sepele, sariawan jika dibiarkan akan sangat mengganggu kenyamanan. Luka di daerah mulut, terutama lidah, sangat mengganggu kenikmatan dalam mengonsumsi sesuatu. Makan menjadi tidak enak, seenak apa pun makanan yang tengah dikonsumsi.

Untuk mengobati sariawan, kulit manggis juga bertuah. Caranya, buat rebusan kulit manggis seperti cara-cara yang ada di atas. Bedanya, untuk mengobati sariawan, Anda tidak perlu meminumnya. Cukup gunakan air rebusan kulit manggis untuk kumur-kumur. Mungkin akan perih, tapi luka sariawan Anda akan sembuh. Lakukan dengan rutin hingga sariawan sembuh.

6. Kulit Manggis Membantu Meremajakan Kulit
Khasiat kulit manggis yang satu ini pasti menarik minat lebih besar bagi para wanita. Hal-hal yang dekat dengan kecantikan, akan menjadi magnet tersendiri bagi kaum Hawa tersebut.

Kulit manggis memiliki sifat antioksidan, yang artinya mampu membantu tubuh untuk menangkal berbagai radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga mampu meregenerasi sel-sel kulit serta mencegah penuaan pada kulit wajah. Menggiurkan! Caranya, hampir sama, konsumsi jus kulit manggis secara teratur.

7. Mencegah Penyakit Kanker
Xamthone, sebagai kandungan paling terkenal yang ada di dalam kulit manggis memiliki sifat proliferasi. Berkatnya, dengan mengonsumsi jus kulit manggis dengan teratur, sel-sel kanker akan terhambat pertumbuhannya dan bahkan hancur. Konsumsi dengan rutin jus kulit manggis tersebut.

Efek Samping Konsumsi Kulit Manggis

Ternyata, di balik khasiat yang cukup banyak dari kulit manggis, ramuan ini juga memiliki efek samping. Efek samping dari kulit manggis dibedakan menjadi dua, alergi ringan berupa gatal-gatal di beberapa bagian tubuh, kulit bersisik, beberapa bagian tubuh tertentu mengalami pembengkakan, dan kulit yang memerah.

Sementara, alergi berat yang dapat memengaruhi kinerja tubuh secara keseluruhan, yang disebabkan oleh konsumsi kulit manggis adalah nyeri pada sendi, nyeri pada otot, sakit kepala, insomnia dan sulit beristirahat serta sakit kepala.

Perhatikan juga bahwa kulit manggis mengandung tenin dan serat kasar, akibatnya, jika dikonsumsi tanpa aturan, bisa mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan. Jadi, meski khasiat kulit manggis tetap melimpah, Anda harus tetap waspada dalam menggunakannya.

Bagikan informasi tentang Khasiat Kulit Manggis yang Mulai Eksis kepada teman atau kerabat Anda.

Khasiat Kulit Manggis yang Mulai Eksis | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Khasiat Kulit Manggis yang Mulai Eksis

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Order Langsung
Kunyit Asam

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 20.000
Ready Stock
Rp 20.000
Ready Stock
Order Langsung
Gurah As Syifa

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 30.000
Ready Stock
Rp 30.000
Ready Stock
Order Langsung
Gurah Antinik

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 25.000
Ready Stock
Rp 25.000
Ready Stock
SIDEBAR